Latest News

Pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda

SAMBUTAN
MENTERI NEGARA PEMUDA DAN OLAHRAGA
PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA
KE-81 TAHUN 2009

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkah, rakhmat, dan hidayah-Nya kita masih diberi kesempatan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-81. Hari yang sangat bersejarah dan memberikan inspirasi serta motivasi yang besar bagi kemajuan bangsa Indonesia. Melalui peringatan ini kita dapat mengenang kembali tekad pemuda Indonesia saat itu yang mengikrarkan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, yaitu : SATU TANAH AIRTanah Air Indonesia, SATU BANGSA-Bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan BAHASA INDONESIA.



Peringatan HSP ke-81 tahun ini bertepatan dengan 101 tahun Hari Kebangkitan Nasional dan 11 tahun Reformasi,tiga momentum sejarah yang sangat penting dalamperjuangan bangsa Indonesia saat ini dipelopori olehpara pemuda pada zamannya. Berdirinya pergerakan BudiUtomo merupakan awal penyemaian nilai-nilai kebangsaan, dan tumbuhnya kesadaran untuk memikirkan nasib bangsanya. Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme di tengah-tengah hegemoni kolonialisme penjajah. Reformasi yang digagas oleh para mahasiswa merupakan koreksi terhadap berbagai. penyimpangan yang telah terjadi selama era orde baru, menuju era yang lebih demokratis, memperkuat supremasi hukum dan pengelolaan Negara yang lebih akuntabel.

Tiga momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan agar semangat yangterkandung didalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa. Atas dasar semangat itulah peringatan HSP tahun ini mengangkat tema  "Pemuda Mandiri, Indonesia Maju dan Bersatu". Tema ini secara khusus mengandung pesan bahwa bekal menuju Indonesia sejahtera adalah dengan mencetak, membangun dan mengembangkan pemuda Indonesia yang patriotik, memiliki jati diri, memiliki wawasan dan jiwa nasionalis-religius, berpegang teguh pada komitmen untuk tetap bersatu berdaulat di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta tumbuhnya kesadaran dan semangat untuk bangkit memimpin bangsa ini keluar dari keterpurukan dan krisis multidimensional yang tengah melanda bangsa ini.

Pemuda Indonesia harus mampu mengambil peran yang  signifikan dalam merespon berbagai persoalan yang tengah dihadapi bangsa ini. Untuk itu pemuda Indonesia haruslah memiliki akhlak mulia, sehat cerdas, terampil, berprestasi dan berdaya saing serta memiliki komitmen untuk memajukan bangsanya. Komitmen untuk berbakti dan berbuat yang terbaik untuk kejayaan bangsa dan negara merupakan manifestasi dari hakekat, semangat, dan jiwa Sumpah Pemuda.

Melalui Peringatan HSP tahun ini, kita berharap agar bangsa ini kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan para pemuda saat itu dari berbagai suku, agama, dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh Indonesia. Kiranya bangsa Indonesia dapat memetik hikmah yang terkandung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini. Semoga rangkaian kegiatan peringatan HSP ke-81 tahun 2009 ini diridhoi Allah SWT, dan dapat terlaksana dengan baik serta bermanfaat bagi kemaslahatan bangsa dan negara. Amin.

Wassalamu ’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta, 15 September 2009
Menteri Negara Pemuda dan Olahraga,
Dr. Adhyaksa Dault, M.Si

Taken from; http://www.kemenegpora.go.id
Tags: , ,

Tentang Penulis

Penulis adalah Muhamad Ali Saifudin yang saat ini mengabdikan diri untuk berbagi ilmu Bahasa Inggris di SMK Negeri Darul Ulum Muncar, Penulis berharap semoga coretan coretan dalam Weblog ini bermanfaat dan menjadi sarana komunikasi warga SMKNDU Muncar.

1 komentar

  1. kangend.................................
    ma scol

Tinggalkan Komentar untuk Silaturrahmi Balik